5 Alasan Di Balik Kebiasaan Si Kecil Suka Memasukkan Sesuatu ke Mulut

September 30, 2024



Pernah nggak sih moms melihat si kecil memasukkan tangan, mainan, teether, remote, atau benda apa pun yang ada di sekitar ke dalam mulut mereka? Perilaku ini umum ditunjukkan bayi kok moms, jadi moms nggak perlu khawatir. Tapi mungkin moms jadi bertanya-tanya, kenapa sih si kecil suka melakukannya?

Kenapa Si Kecil Suka Memasukkan Sesuatu ke Mulut?

Ternyata moms hal itu wajar dilakukan si kecil, karena dia mengembangkan kemampuan mencengkeram dan dapat memegang sesuatu. Cara ini digunakan si kecil untuk mencari tahu seperti apa tekstur, bentuk, dan bahkan rasa tersebut. Selain itu, alasan lainnya dijabarkan sebagai berikut:

1. Menjelajahi dunia sekitar

Berbeda dengan orang dewasa, si kecil akan mengeksplor benda-benda di sekitarnya dengan mulut. Hal ini karena mulut si kecil penuh dengan saraf sensorik, sehingga memberi mereka informasi yang lebih akurat dibandingkan tangan mereka yang belum berkembang sepenuhnya.

2. Naluri untuk makan

Sejak dalam kandungan, si kecil sudah memiliki indra perasa dan cenderung menyukai rasa manis. Oleh karen itu, si kecil sering kali memasukan sesuatu ke dalam mulut. Itu dilakukan si kecil untuk memeriksa apakah benda tersebut bisa di makan atau memiliki rasa yang disukai.

3. Bentuk menenangkan diri

Rupanya si kecil pun punya cara tersendiri untuk menenangkan diri dengan cara memasukkan sesuatu ke dalam mulut. Entah itu saat mereka lapar, lelah atau enggak nyaman. Kebiasaan ini merupakan bentuk mekanisme self-soothing.

4. Mengatasi ketidaknyamanan gusi

Proses tumbuh gigi (tumgi) kerap kali membuat si kecil nggak nyaman. Untuk menghilangkan rasa nyeri, mereka sering kali memasukkan sesuatu ke mulut mereka untuk menenangkan diri. Hal ini merupakan bagian dari bentuk mekanisme self-soothing.

5. Membangun sistem imun

Meski terlihat nggak higenis, si kecil yang memasukkan benda ke mulut sebenarnya sedang memperkenalkan tubuh mereka dengan berbagi kuman. Hal ini akan membantu sistem imun si kecil berkembang dan lebih siap melawan infeksi di kemudian hari.

So, memasukkan benda ke mulut itu hal normal ya moms dan bermanfaat untuk perkembangan si kecil. Perilaku ini biasanya muncul di usia 3-5 bulan. Namun, moms harus tetap memperhatikan si kecil, ya. Jangan sampai si kecil tersedak atau terpapar benda berbahaya. Semoga bermanfaat moms!

You Might Also Like

1 komentar

  1. Jadi inget waktu masih punya anak kecil. Karena ngga mau makan jadi bikin metode pegangkan sesuatu Jadi pas dia mangap mau makan benda, jejelin sama makanan aslinya.
    Hahaa harus kreatif yaa jadi emak2 ini.

    BalasHapus

Ads Here

Sidebar Ads

Like us on Facebook

Follow Instagram