Moms Wajib Tahu! Ini Jenis Makanan yang Cocok untuk Awal MPASI Si Kecil

Agustus 30, 2024


Awal mulai MPASI nggak bisa dipungkiri bahwa banyak sekali ibu yang menantikan agar anaknya segera bisa mengonsumsi makanan sederhana lain selain ASI. Pasalnya, saat si kecil sudah mulai mendapat MPASI, mereka akan mengenal banyak rasa dan menerima nutrisi yang bisa jadi lebih beragam ketimbang hanya dari ASI.

Namun, moms harus tahu memilih makanan untuk MPASI nggak bisa sembarangan. Moms harus memikirkan banyak faktor, mulai dari alergi yang mungkin dimiliki si kecil hingga kandungan nutrisi yang di makanan. Lantas jenis makanan seperti apa yang baik untuk si kecil memulai MPASI?


Jenis Makanan yang Paling Baik untuk Awal MPASI

Beberapa jenis makanan yang disarankan untuk diberikan saat awal MPASI, antara lain:

* Sayuran yang ditumbuk seperti labu, wortel, kentang, ubi, brokoli.

* Buah tumbuk, seperti pisang, pepaya, alpukat, apel, pir.

* Sereal bayi bebas gluten yang diperkaya dengan zat besi, ibu bisa mencampurkannya dengan ASI.

* Bubur susu atau biskuit yang dihaluskan.

Namun, harus diperhatikan dan diingat, moms hindari penambahan garam, gula, madu, atau pemanis lainnya untuk makanan si kecil. Selain itu, pastikan juga terdapat sayuran dalam menu harian bayi.

Jika moms ingin lebih banyak mengenai makanan yang baik untuk si kecil, moms bisa konsultasi ke dokter spesialis anak. Moms juga bisa cari tahu rekomendasi pilihan menu MPASI si kecil di awal mula.

Jadi, kalau si kecil moms udah siap mampu mengonsumsi jenis makanan di atas, maka moms bisa meningkatkan jenis makanan yang di makan si kecil. Jenis makanan tersebut, antara lain: 

* Daging tumbuk;

* Kacang-kacangan yang ditumbuk;

* Sayuran dicampur dengan kentang atau yang ditumbuk;

* Sayuran hijau tumbuk, yang berisi kacang polong, kol, bayam atau brokoli;

* Susu full cream, yogurt, krim keju. 

Lantas, Adakah Jenis Makanan yang Tidak Disarankan?

Nah, jadi ada juga beberapa jenis makanan dan kebiasaan tertentu yang harus dihindari selama tahun pertama si kecil, yakni: 

* Usahakan moms nggak mengganti ASI dengan susu sapi atau susu formula, karena susu sapi lebih sulit dicerna, bahkan bisa menyebabkan si kecil sembelit.

* Hindari memberi makanan lengket atau keras, karena ini bisa buat si kecil tersedak. 

* Kacang utuh juga sebisa mungkin hindari ya moms, karena makanan ini nggak aman untuk bayi berusia di bawah 2 tahun. Hal ini bisa menyebabkan si kecil tersedak.

* Untuk anak di bawah 1 tahun, madu nggak dianjurkan ya moms karena dapat menyebabkan botulisme.

* Moms juga janga memberi si kecil makan keju yang tidak dipasteurisasi, ya. Karena dapat meningkatkan risiko keracunan pada si kecil. 

* Hindari memberikan makanan laut seperti kerang-kerangan, udang, lobster, kepiting dan kerang untuk si kecil yang masuh di bawah usia 1 tahun.

* Selain itu hindari juga memberinya ikan yang tinggi merkuri.

You Might Also Like

15 komentar

  1. Ooo... Baru tau,. Kirain udang termasuk yg boleh dicobakan juga, (walau ya dalam bentuk udah digiling atau kuahnya gitu) ternyata belum boleh ya

    BalasHapus
  2. Iya betul sekali kak, masih ada gak di daerah kakak yang anaknya kalo datang ke rumah saudara kepala bayinya disiram beras, mulutnya dicelup gula? Katanya biar rezekinya bagus, mulutnya keluar kata2 yang manis. Hadeh, kalo anakku pernah 2x digituin, mau nolak tapi orangtua. Abis itu langsung aku korek mulut anakku pake saputangan, hehe. Memang MPASI ini tricky kali. Kalo aku udang masih masuk kak pas bulan itu aku buburnya aku blend nasi udang sm telur, ovo, bumtik. Jadinya enak dan lebih gurih. Awalnya sempet takut ada alergi, tp sayang kan kalo anaknya selagi bisa kenapa enggak. Kalau kerang sampe skrg usia 2 tahun lebih blm aku cobain, dia kurang suka teksturnya. Kepiting jangan ditanya, favorit kalo di sop enak bgt bayi makan lahap

    BalasHapus
  3. Smogalaaah anak2 jaman dulu sehat walafiat yaa, karena dari bayi udah dikasi makan. Seriusan ini dikampungku terjadi. Tapi yaa maklum minim pengetahuan pada masa itu. Gausah jauh2 sih, aku bayi keknya udah dikasi makan juga, hihiii...

    BalasHapus
  4. Masa-masa yang paling rempong ini ya. semangat buat bunda yang masih berjuang MPASI.

    BalasHapus
  5. (INI KYO)
    kuncinya DITUMBOK wkwkwk tebayangku daun ubi tumbuk.
    pernah ngalamin GTM gak kak?

    kemarin baru baca berita makanan tinggi merkuri penyebab stunting, seperti sarden, makarel, kerang dsb.

    BalasHapus
  6. Intinya kalau masih belum setahun enggak boleh aneh-aneh ya makanannya.

    BalasHapus
  7. Tersedak. Banyak yang belum menyadari kalau anak kecil sangat rawan tersedak ya. Selain memantau makanan, memantau apa yang masuk ke mulut sangat penting diperhatikan ya kan.

    BalasHapus
  8. Dengar pengalaman kawan-kawan dan baca-baca di internet, masa mpasi ini mudah-mudah susah, ya, Kak. Semangat, Mama Rasyid. 🫶🏻

    BalasHapus
  9. Baru tau juga klo seafood belum, karena masa iqbal sebelum tau ada alergi jenis seafood kayak udang, itu dapat. Ikan juga ada. Nah ikan yg mengandung merkuri contoh nya apa ya kk?

    BalasHapus
  10. Anak pertama, momen paling heboh mencoba resep-resep MPASI dari majalah Ayah Bunda.

    BalasHapus
  11. wuah akhirnya bisa melewati masa-masa MPASI. semangat buat semua ibu-ibu yang sedang MPASI

    BalasHapus
  12. Aku baru tahu kalau anak dibawah satu tahun gaboleh konsumsi madu.

    BalasHapus
  13. Jadi ingat awal-awal mpasi dulu ngasih makan anak bubur ayam. Anaknya langsung huek hahaha.

    Terus ganti ke ubi, baru dia suka karena ubi rasanya manis.

    Semangat mendampingi anak mpasi ika :)

    BalasHapus
  14. Sebentar lagi Dik Shiha masuk masa MPASI, nih, Kak. Walaupun sudah anak ketiga, tetap harus belajar menjadi ibu terbaik untuk anak². Semangat MPASI, kaka!

    BalasHapus
  15. Wah, baru tau kalo garam juga sebaiknya dihindari ya.
    Apa karena belum boleh dikasih yodium dulu ya kak?

    BalasHapus

Ads Here

Sidebar Ads

Like us on Facebook

Follow Instagram